Inspirasi Aktivitas Untuk Quality Time Ibu Anak Di Ramadan, Together



Assalamu'alaikum wr wb,

Siapa yang anaknya sudah mulai berguru puasa di Ramadhan tahun ini? Kalo ingat ketika berguru puasa dulu rasanya geli sendiri, hihihi. Ada ajalah yang dilakukan, mulai dari tiduran di lantai, berendam di kolam mandi, buka tutup kulkas hingga merengek ke mamih tanya kapan maghrib datang, hahaha. Anak saya Naya masih umur 3,5 tahun sih, jadi belum berpuasa, hehehe. Hanya saya mulai mengenalkan apa itu puasa.


Momen puasa Ramadhan ini memang ketika yang pas untuk mengenalkan hal-hal konkret bagi si kecil. Selain mengenalkan bahwa puasa itu tidak makan dan minum, dapat juga mengajarkan disiplin, bahwa kita harus menahan emosi, menyebarkan dengan sesama dan membuat kebersamaan ketika menunggu buka puasa. Berhubung saya kerja kantoran, waktu paling luang untuk ngajak si ucul ngabuburit ialah ketika weekend.

Kalo weekend sudah dipastikan saya masak. Nah, momen masak inilah yang sering saya gunakan untuk membuat quality time. Biasanya si ucul emang kepo sih, jadi niscaya akan bolak-balik dapur nanya mama masak apa, hahaha. Jadilah tiap masak saya akan memperlihatkan beliau pisau plastik dan beberapa lembar sayuran untuk ia potong. Berantakan? So pasti. Bikin happy? Alhamdulillah dikasih mainan gitu aja Naya udah senang amat, hahaha.


Naya bantu mama masak

Lain waktu saya ajak Naya jalan-jalan ke the one and only, BKT, hahaha. Di BKT biasanya si ucul akan berlarian dan main-main dengan daun, ranting, kerikil dan hewan kecil yang ada. Cuma tantangan buat mama papanya sih ya auuss amatan ngikutin anak ini loncat sana loncat sini, hahahaha. *mama lemah*


Jalan-jalan ke BKT

Karena Naya masih harus mengembangkan skill motorik halusnya, saya sempatkan juga untuk ajak Naya tempel melekat atau mewarnai. Sayang untuk kegiatan ini mama mesti extra sabaaaar alasannya ialah anaknya cenderung bosan melekat atau mewarnai. Baru mewarnai 1/4 bab gambar, doi pribadi lari kabuuurr. Baru melekat 1 bagian, cuss melesat lagi, hahahaha.

Shalat taraweh berjamaah bersama si kecil

Kegiatan-kegiatan tadi saya lakukan untuk membuat premium bonding bersama Naya di bulan puasa ini. Well, sesungguhnya selain di bulan Ramadhan saya juga melaksanakan kegiatan itu. Tapi di bulan puasa waktu jadi banyak digeser ketika menjelang maghrib atau bahasa kerennya ngabuburit, hehehe.

Kalo teman-teman ngapainnya pas ngabuburit? Share juga di comment ya.



Ngabuburit Inspiratif di Kegiatan "Ramadan, together" bersama Lotte Choco Pie dan KEB

Alhamdulillah tanggal 10 Juni 2017 yang kemudian saya bersama emak-emak dari Kumpulan Emak Blogger (KEB) berkesempatan untuk hadir di kegiatan Lotte Choco Pie yang bertema "Ramadan, together". Kebetulan sekali acaranya akrab dengan rumah saya yaitu di Masjid Baitussalam, Perumahan Billy & Moon Kalimalang Jakarta Timur. Double happy deh saya, hehehe.

Salutnya saya dengan Lotte Choco Pie ialah akad dan konsistensinya untuk mendukung para ibu biar selalu mempererat kebersamaan dalam keluarga, terutama quality time bersama si kecil. Di bulan Ramadhan ini, Lotte Choco Pie kemudian membuat kegiatan bertema "Ramadan, together" yang bertujuan mengajak para ibu untuk lebih memaknai kebersamaan dengan menyebarkan acara inspiratif yang seru menjelang buka puasa.

Rangkaian kegiatan yang saya ikuti di Masjid Baitussalam, Billy & Moon Kalimalang kemudian merupakan lokasi kedua daerah diadakannya "Ramadan, together". Sebelumnya pada tanggal 3-4 Juni 2017, program sudah dimulai di Masjid Raya Cinere. Sedangkan masjid ketiga sebagai daerah berlangsungnya "Ramadan, together" ialah Masjid Al Ikhlas BSD pada tanggal 17-18 Juni 2017.


Suasana lokasi "Ramadan, together" di Masjid Baitussalam, Billy & Moon Kalimalang

Memasuki area masjid, ada semacam gapura berbentuk replika masjid di gerbangnya. Lalu ada booth Lotte Choco Pie yang didekorasi dengan banyak sekali Lotte Choco Pie. Glek, bikin ngiler aja sesungguhnya, hahaha. Ratusan Lotte Choco Pie dibuat menjadi replika masjid. Ada puzzle Lotte Choco Pie untuk anak. Lalu ada juga photobooth 3D Lotte Choco Pie yang berbentuk bulan sabit. Kaprikornus pingin segigit dua gigit, hahaha.

Replika masjid dari Lotte Choco Pie

Photobooth 3D berbentuk bulan sabit Lotte Choco Pie

Puzzle Lotte Choco Pie

Seperti yang sudah saya dan emak-emak lain duga, program yang diadakan Lotte Choco Pie selalu penuh makna dan seru banget. Panas matahari yang terik di siang itu ngga bikin semangat emak-emak dan si kecil kendor, hihihi. Padahal banyak juga belum dewasa yang hadir ketika itu sudah berpuasa lho. Keren!


Chef Nanda (kiri) dan Kak Gideon (kanan)

Kids Pastry Classes bersama Chef Nanda

Peserta kegiatan ini ialah belum dewasa para emak yang ikut serta nih. Lotte Choco Pie memperlihatkan wangsit dengan menghadirkan kelas memasak bagi anak-anak. Memasak ini selain dapat jadi kegiatan yang seru untuk mengisi waktu jelang buka puasa, juga bagus untuk menstimulasi motorik anak. Pantesan ya di sekolah Raya ada kelas memasak rutin tiap minggunya, hehehe. Dipandu oleh Chef Nanda, si kecil diajarkan membuat dessert enak dan elok dengan materi dasar Lotte Choco Pie. Lotte Choco Pie yang mereka hias ini dapat banget lho jadi masakan untuk berbuka puasa.








Anak-anak diberikan aneka warna fondan yang dapat dibuat dengan luwes. Ada juga menyerupai manik-manik atau hiasan camilan manis yang menyerupai perhiasan. Semua bahannya dapat dimakan lho, hahaha. Perlengkapan lainnya juga serius, ada celemek dan topi ala chef, ada penggiling adonan, cetakan dan lain sebagainya. Chef cilik beraksi, yeaaay!






Lotte Choco Pie Creative Competition

Kids pastry classes tadi hanya untuk anak-anaknya saja, nah Lotte Choco Pie Creative Competition ini jadi ajang unjuk gigi emak dan anak-anaknya. Tiap tim ditantang untuk berkompetisi menghias Lotte Choco Pie sebagai momen Together, more. Sudah dapat diduga yah ini pastilah heboooh, hahaha. Entah heboh anaknya yang menghias semaunya atau mamaknya yang heboh bikin hiasan cantiknya, hahaha. Dalam lomba ini belum dewasa dapat berguru soal kerjasama, teamwork dan berkompetisi secara sportif.





Games dan Booth Seru

Di booth yang saya sempat sebut sebelumnya, ada games seru juga buat para pengunjung yaitu Tebak Tumpukan Lotte Choco Pie dan Trick Art Photobooth di bulan sabit 3D Lotte Choco Pie. SPG yang bertugas juga membagikan sampling bagi warga sekitar yang tiba ke masjid untuk dapat mencoba kelezatan Lotte Choco Pie. Yuummmy.






Tausiyah Interaktif Bersama Ustad Wildan dan Kak Muis

Setelah seru-seruan di booth, ada drama boneka dan tausiyah juga lho. Kak Muis bercerita dengan sangat interaktif. Drama boneka yang ia bawakan juga membuat belum dewasa yang tiba menjadi terhibur. Kak Muis bercerita wacana Perang Badar yang berlangsung ketika Ramadhan dan bagaimana Rasululah SAW dan para sahabat tetap tangguh meski sedang berpuasa Ramadhan. Subhanallah. Kak Muis juga bakir menirukan banyak sekali macam bunyi lho. Seperti ada sound effect organik, hihihi.

Kak Muis serius banget yah, hihihi


Wajah riang puluhan anak yatim mendengar kisah Kak Muis



Ustad Wildan memberikan wacana keutamaan puasa, terutama soal sahur dan berbuka. Sahur dan berbuka merupakan pembeda antara puasa umat Islan dengan yang lainnya. Sahur juga jangan di skip, alasannya ialah di dalam sahur ada manfaat dan keberkahan bagi tiap orang yang berpuasa. Well noted, Ustad.


Ustad Wildan in action

Lotte Choco Pie juga menyebarkan kebahagiaan bersama 50 anak yatim dari panti asuhan dengan memperlihatkan paket Lotte Choco Pie, perlengkapan sekolah, uang dan masakan berbuka puasa. Alhamdulillah, dapat juga berguru menyebarkan dari program ini yah.



**

Acara berbuka puasa bersama makin seru alasannya ialah emak-emak berkumpul dan buka puasa bareng di aula masjid. Menyenangkan sekali buka puasa sambil ngobrol wacana serunya program sepanjang sore kemarin. Sebelum pulang, diumumkan juga ibu-anak pemenang lomba menghias Lotte Choco Pie. Semua pulang dengan hati senang dan penuh kesan.



Rangkaian program "Ramadan, together" masih ada di Sabtu-Minggu tanggal 17-18 Juni 2017 ini lho. Catat lokasinya ya, Masjid Al Ikhlas BSD. Untuk gosip lebih lengkap dapat pribadi juga kepo-in sosial medianya ya.

Instagram : @lottechocopie.id

Thank you Lotte Choco Pie dan KEB. Kisses!





Love you life. :D

Wassalamu'alaikum wr wb.

0 comments