2 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Jualan Di Media Sosial

Di kala digital yang sudah serba canggih dan mutakhir ini, segala kegiatan menjadi lebih gampang dan praktis. Hal ini juga terjadi pada dunia bisnis yang mulai mencicipi manfaat dari teknologi yang semakin berkembang dan canggih, baik itu bisnis baru, lama, besar, hingga pemula sekali pun. Karena segalanya dapat memanfaatkan teknologi yang semakin canggih yang salah satunya yaitu ajang jualan di media sosial. Hal ini sudah terjadi dan dirasakan oleh kebanyakan pengusaha online yang telah mendapat income hingga ratusan juta rupiah hanya bermodalkan promosi di media umum saja.


Hal ini sudah bukan hal yang asing lagi, kalau sosial media yaitu pasar yang sangat menguntungkan alasannya yaitu mendatangkan banyaknya pelanggan dibandingkan dengan berjualan melalui offline saja. Perlu disadari kalau pengguna sosial media bukan hanya semakin banyak peminatnya, melainkan pengguna akan menjadi kecanduan hingga menjadi pengguna yang setia. Terbukti sudah, kalau kita sering melihat orang, di kereta, di jalan, di taman, di mana saja kebanyakan orang-orang merunduk alasannya yaitu lihat androidnya masing-masing. Tentunya yang mereka pantengin ya sosial media menyerupai instagram, facebook, path, twitter, dan lain-lain.
Nah, dengan adanya fenomena tersebut, kita musti memanfaatkannya sebaik mungkin ke hal yang positif. Jualan di media umum contohnya. Dengan begitu, kita dapat meraup untung yang lebih berpotensi lagi, dibandingkan berjualan via offline. Namun, semakin banyaknya orang yang tahu kalau peluang jualan melalui media umum lebih berpotensi, semakin banyak dan ketat pula persaingannya. Tentunya, semua orang ingin meraup laba sebesar-besarnya dalam memasarkan produknya. Benar bukan? Jadi, kita perlu tahu apa saja yang trik jitu dalam memasarkan produk melalui sosial media. Berikut ini yaitu cara memasarkan produk melalui sosial media. Simak terus ya.

Konten

Konten yaitu hal terpenting dalam memasarkan suatu produk. Coba kita pikirkan, orang mau membaca jikalau info atau konten itu menarik. Tentunya hal ini juga berlaku dalam memasarkan produk. Jika kita mempunyai konten yang menarik, orang akan mau menengok dan mampir sejenak membaca info dan melihat produk-produk kita. 


Konten yang menarik yaitu konten yang lezat dan informatif dikala dibaca oleh pengunjung atau calon pelanggan. Seperti misalnya yaitu kalau kau jualan kosmetik, sebaiknya jangan memasarkan produk kau melulu. Coba kau buat konten atau status facebook yang berisi info wacana kecantikan, menyerupai tips memutihkan wajah secara alami, tips merawat kecantikan di usia muda, dan lain sebagainya. Karena, orang tidak akan membaca dan bosa dengan konten kamu, jikalau isinya hanya promosi melulu. Yang ada, calon pelanggan bakal kabur dan toko online kau bakal keseian deh.
Dengan adanya konten yang menarik untuk dibaca, biasanya ada pengunjung yang mau membagikan atau share konten kamu. Karena mereka merasa perlu membagikan info tersebut semoga semua temannya dapat tahu kalau ada info yang menarik. Semakin banyak yang share konten kamu, maka semakin besar peluang kau dalam berjualan untuk mendatangkan pelanggan. Bukan begitu? Otomatis, konten kau bakal viral, termasuk produk yang kau jual.
Selain konten yang menarik, kau juga harus rutin memposting konten kau setiap hari. Kalaupun kau tidak sempat, kau harus menjadwalkan posting konten setiap hari apa. Yang pastinya menjalankannya harus rutin dan konsisten. Tapi, ada baiknya kau harus posting konten setiap hari, atau paling tidak 3 hingga 4 kali dalam sehari, semoga pelanggan kau tidak kabur ke produk lain. Ya kan? Buatlah konten yang bikin orang kepo dengan konten kita.

Promo

Kalau kau sering melihat toko-toko besar menyerupai alfamart, indomaret, matahari store, dan lain sebagainya, niscaya kau sering melihat adanya promo yang beterbangan di toko-toko tersebut. Nah, inilah salah satu seni administrasi marketing yang mereka jalani. Apalagi untuk jualan di media sosial. 


Buatlah permainan promo yang menarik pelanggan untuk mengikuti promo yang kau buat. Semakin banyak pelanggan yang mengikuti promo, semakin besar juga peluang kau mendapat pelanggan. Apalagi, semakin hari, semakin ketat persaingan dalam berjualan melalui media sosial. Jadi, kita perlu siasati hal ini dengan memakai permainan promo pada produk-produk kita. Kita perlu memenangkan hati pelanggan kita, untuk mendapat peluang yang besar. Tentunya kita juga perlu ingat istilah,
Win Win Solution
Dengan memakai sistem tersebut, maka pelanggan juga akan mencicipi laba juga dari promo-promo yang kita buat. Begitu juga dengan kita yang mendapat manfaatnya juga. Karena, dapat jadi ada produk yang serupa dengan produk yang kita jual. Jadi, kita perlu melaksanakan permainan promo untuk mendapat hati pelanggan dan tidak berpindah ke toko lain. 
Promo pun ada banyak jenisnya menyerupai promo give away, diskon, beli 1 gratis 1, dan lain sebagainya. Intinya buatlah promo yang lebih menarik dari pesaing kamu.

0 comments