Resep Spicy Barbecue Fried Chicken : Remake Sajian Fire Chicken Ala Richeese Factory



Assalamu'alaikum wr wb,

Sebentar lagi bulan rahmat nih. Biasanya sih aku suka menyimpan lauk yang simpel diolah dan siap saji aja di kulkas. Makara pas sahur tinggal hangatkan atau diolah sebentar. Lain halnya untuk berbuka puasa ketika weekend, bolehlah mari kita masak-masak, hehehe. Nah aku punya satu resep andalan nih. Andalan alasannya yaitu simpel buatnya, hahahaha. Maklumlah aku ngga jago-jago amat masaknya, hehehe. Makara sebetulnya ini resep yaitu perjuangan aku untuk remake ulang sajian Fire Chicken-nya Richeese Factory. Kalo yang belum pernah tau si Richeese Factory, resto cepat saji ini menyajikan menunya selalu dengan dipping sauce keju. Ada sajian yang pernah aku dan suami cobain, namanya Fire Chicken yang dapat dipilih level kepedasannya. Kami berdua suka, tapi harganya aku ngga terlalu suka, hahahaha. Dengan sotoynya kemudian aku bilang ke suami, kalo aku dapat bikin sendiri ayam goreng macam ini dengan rasa yang sama enaknya. *congkak alert,bahahaha*

Baca juga : Resep Udang Lada Garam

Bahan-Bahan Spicy Chicken Barbecue

Sebut saja namanya Ayam Goreng Bumbu Salut Spicy Barbecue, hahaha. Bahan-bahannya relatif simpel ditemukan dan ngga mahal ko. Dibanding beli di Richeese aku agak ngga rela alasannya yaitu tidak mengecewakan mihil, hahaha. *emak irit*


Bahan ayam goreng :

- 8 potong ayam, dapat seluruh bab ayam atau pilih bab sayap/paha saja. .

- 200 gram tepung terigu serba guna

- 2 sdt garam, atau sesuai selera

- 1/2 sdt lada bubuk

- 2 sdm bawang putih bubuk

- minyak goreng




Bahan bumbu salut spicy barbecue : 

- 6 butir bawang putih

- 3 butir bawang merah

- 20 cabai rawit merah, atau sesuaikan dengan tingkat kepedasan yang diinginkan

- 1 sdt lada bubuk

- 2 sdm cabai bubuk, atau sesuaikan dengan tingkat kepedasan yang diinginkan

- 1 sdt garam

- 1 sdt gula

- saos barbeque kurang lebih 250 ml

- 1 sdm minyak goreng

- 50 ml air




Cara menciptakan ayam goreng :

- Gunakan 1 sdt garam untuk marinate ayam sebelum dilumuri tepung, diamkan dalam lemari es selama 15 menit.

- Ambil 1 sdm tepung terigu, beri air secukupnya dan 1/2 sdt bawang putih bubuk, aduk rata. Gunakan untuk celupan ayam goreng.

- Campurkan tepung terigu, garam, lada dan bawang putih bubuk kemudian aduk rata.

- Celup ayam ke materi celupan balurkan adonan tepung sambil ditekan-tekan dan ayam tertutup tepung dengan sempurna.

- Panaskan minyak goreng, kemudian goreng sampai kecoklatan. Angkat.





Cara menciptakan bumbu salut spicy barbecue :

- Haluskan cabai, bawang putih dan bawang merah. Saya prefer memakai blender bumbu supaya halus.

- Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus sampai matang.

- Masukan saos barbecue. Aduk rata.

- Lalu masukan bubuk cabai, lada, garam, gula dan beri air bertahap sampai mencapai kekentalan yang diinginkan. Aduk rata.

- Setelah mendidih, angkat.







Siapkan wadah tertutup untuk mencampur ayam dan bumbu. Saya biasanya memakai wadah daerah makan. Lalu masukan beberapa ayam goreng, masukan bumbu secukupnya, tutup wadah kemudian shake shake atau kocok pelan sampai bumbu merata melapisi ayam goreng. Sajikan dengan taburan wijen sangrai menyerupai tampak pada foto yaaaa.. Bumbunya dapat disimpan kalau sewaktu-waktu mau bikin lagi. Lalu dapat juga lauknya diganti jadi variasi ikan atau jadi cocolan saja. 


Baca juga : Resep Salmon Steak






Kalo resep andalan kau apaan kaaaak? Coba share juga dong dong dong, semoga aku nyontek, hahaha..

Baca juga : Menikmati Ikan Gurame Bakar Buatan Sendiri

Love you life. :D

Wassalamu'alaikum wr wb.

0 comments