Kopdar Blogger Jne, Dan Pertanyaan-Pertanyaan Yang Tertinggal


Selama kegiatan kopdar blogger JNE di 4 kota kemarin, saya banyak sanggup pertanyaan dari temen-temen blogger mengenai creative content. Beberapa pertanyaan cukup bikin saya gelagapan alasannya yaitu mungkin ekspetasi mereka terlalu tinggi, ilmuku soal konten kreatif belum hingga segitunya tau. Kaprikornus saya jawab asbun aja supaya keliatan pinter bhahahaha engga ding, saya coba jawab sebisanya semoga memuaskan ya.

Dan dari banyak pertanyaan itu, ada beberapa yang menurutku menarik juga penting. Kaprikornus saya tulis ulang di sini lengkap dengan jawabanku waktu itu. Sebenernya mau nulis jawabannya Haykal juga tapi saya takut ada yang meleset. Ini saya tambahin sedikit-sedikit sebagai aksesori dan penyempurna. Siapa tau bermanfaat buat temen-temen yang waktu itu enggak sempat atau engga sanggup dateng atau pengin dateng tapi gimana acaranya di Bogor situ tinggalnya di Zimbabwe.


**

1. Pungky, gimana caranya sanggup rutin bikin konten sementara kau ibu rumah tangga dan punya anak balita?

Pertanyaan dari Mas Rinaldy di Surabaya, Teh Tian di Bandung, lupa siapa di Batam. Ini pertanyaan legendaris, tiap kota ada yang nanya. haha

Jawab:

Buat aku, bikin konten itu bukan dilema sempat atau nggak sempat. Tapi mau atau nggak mau. Karena selama kita masih punya waktu buat sekrol-sekrol facebook, baca-baca status orang, nge-next IG stories, atau ngepoin akun-akun artis, berarti kita masih punya waktu luang! Atau seharian itu kita masih sempet apdet status facebook dua kali, sempet bikin boomerang kepala goyang di instagram, masih sanggup baca-baca resep di cookpad, punya waktu buat nyepam love di IG, itu sama dengan kita punya waktu buat bikin konten.

Tapi, mau atau enggak?

Masalahnya bukan soal sempetnya, tapi melawan rasa mager itu yang susahnya bagai melupakan mantan terindah. Apalagi bila anak udah mandi, udah cakep, masak udah beres, cucian rampung, trus anak asik main sendiri, itu rasanya kasur manggil-manggil terus buat gegoleran gabut yakan. Duduk selonjor di sebelah anak main, sambil pegang hape, ya udah aja cuma sekrol-sekrol instagram sama facebook. 

Dan itu yang saya lawan setiap hari! Beneran saya lawan, alasannya yaitu mager memang adiktif. Waktu untuk leyeh-leyeh saya pakai buat bikin konten. Buat motret, buat nulis, buat edit foto, buat bikin video, dan itu sama sekali enggak gampang. Kerjaan ibu rumah tangga nggak ada abisnya kan, jadi sekalinya punya waktu luang, panggilan buat bermalas-malasan itu berpengaruh banget. Tapi bila diikutin terus, saya nggak akan ngapa-ngapain, kalah sama males dan konten cuma jadi rencana. Ayo, buibu, berdiri dari lantai cuek itu, mari makaryo! 💪😸

2. Semua orang bicara niche, untuk jadi kreator yang cepet dikenal, kita harus punya niche sebagai personal branding. Tapi kak Pungky ini semua-semua ada di blognya, gimana membangun personal branding-nya? 

Pertanyaan dari Shafira di Bandung.

Jawab:

Woini! Hahahaha. Niche ku yaitu tidak punya niche! 😂😂😂

Blog saya yang ini, itu beneran apa aja ditulis. Palugada deh, apa lu kata gue ada. Dari review gincu, sampe perihal mesin mobil, ada! Dari susu bayi, bulu mata palsu, dongeng perjalanan, sampe servis kulkas, ada. hahahahahaha tapi saya enggak pernah merasa minder sama itu. Aku memang pengin menulis semuanya dan saya nggak merasa salah. Kenapa harus minder cuma gara-gara nggak punya niche?


Gimana dong, hidupku kan enggak setiap waktu isinya cuma dandan dempul mendempul aja, enggak setiap ketika cuma urus anak dengan jutaan teori parenting, enggak setiap hari isinya cuma traveling. Hidupku punya banyak cerita, punya banyak aktifitas yang menurutku seru, punya banyak sisi, punya banyak hal yang sanggup dibagikan, jadi yaudahlah saya tulis aja semua-muanya muahahaha
 
Gimana membangun personal branding-nya?

Nggak tau hahahahahahahahaha. Aku sih yang penting tetap hadir sebagai Pungky di setiap konten, apapun itu. Mau review gincu atau review mesin mobil, saya tetap menulis sebagai orang yang sama. Aku menaruh diriku di setiap konten. Visual branding! ini juga penting. Kaprikornus semua foto, video, dan tampilan sosial mediaku, punya tone yang mirip. Karena ketika konten itu muncul di dunia maya, apapun yang dibahas, saya pengin orang kenal bila itu yang bikin Pungky. Bukan Pevita Pearce apalagi Gal Gadot.

Apapun kontennya, saya tetap hadir sebagai Pungky yang cengengesan. Pungky yang seneng baper sama yang galau-galau, Pungky yang rada mesum, Pungky yang mulutnya asbun, Pungky yang banyak gaya, Pungky yang suka langit dan laut, Pungky yang fotonya terperinci dan blue-ish, Pungky yang segala-gala dibikin bokeh, Pungky yang di setiap foto selalu nyengir, Pungky yang ini, Pungky Prayitno kesayangan kalian. Sapa? 😏😏😏

Nanti rejekinya jadi seret gimana, agency dan company kan kini suka sama yang niche-niche gitu?

Alhamdulillah, tidak punya niche tidak menciptakan rejekiku dari konten berkurang sama sekali. Malah nambah terus, ada terus, Gusti kan Maha Baik.

3. Banyak blogger di luar sana yang kontennya anggun banget. Fotonya bagus, tulisannya bagus, videonya keren. Tapi mereka enggak terkenal, kesempatan anggun nggak tiba ke mereka sesering ke mbak Pungky. Kenapa ya?

Pertanyaan dari Silviana di Surabaya.

Jawab:

Ini pertanyaan paling greget. haha

Satu, tau nggak sih, di hape aku, saya tergabung di sangat banyak grup baik whatsapp maupun line. Ada grup travel blogger, grup beauty blogger, tekno blogger, mama blogger, sampe youtuber, ada semua. Aku orangnya haus berguru sih, jadi beneran itu hape udah kayak blog aku, dari bahasan gincu sampe bumbu dapur, ada setiap hari. Lebih palugada dari palugada. Dan di grup-grup itu saya bukan cuma pasang nama, tapi beneran berusaha kenalan sama semuanya, ikutan ngobrol, berusaha jadi temen baik untuk semua orang apapun background-nya.

Selain alasannya yaitu dari mereka saya berguru sangat sangat banyak hal (aku berguru perihal foto beauty product dari grup beauty blogger, saya berguru nulis deskripsi daerah dari grup travel blogger, saya berguru gimana bikin video review gadget dari grup tekno blogger), juga alasannya yaitu nggak sanggup dipungkiri mereka punya audience sendiri-sendiri. Dan berteman sama mereka, tentu sedikit banyak saya juga jadi berteman sama audience-nya. Memperluas lagi jaringanku.

Dua, dalam bekerjasama sama pihak yang butuh jasa blogku (baik agensi atau company), saya enggak suka relasi yang kerja banget kemudian udah. Beberapa anak agensi yang dulu menghubungi saya untuk kerjasama, kini banyak yang jadi temen deket. Kami wasapan, curhat-curhatan, kadang bikin project bareng, walaupun udah selesai kerjasama. Ya itu, saya nggak suka yang kaku-kaku. Kaprikornus bila ada kerjasama tiba ke email, biasanya orangnya saya ajak wasapan. Trus kami ngobrol kayak teman, supaya beliau enjoy kerjanya nggak spaneng, juga supaya saya dapet temen gres lagi.



Jangan apa-apa diitung pake duit. Ini juga saya pegang banget dalam bekerja sama dengan pihak sponsor blog. Kadang temen-temen agensi dikejar sasaran tapi budgetnya tipis, bila saya udah kenal baik dan tau beliau gimana, ya saya bantu walaupun rate-nya jauh di bawah rate-ku. Bahkan bila mereka perlu proteksi di luar urusan blog, dan saya sanggup bantu, ya berusaha aja bantu sebisanya. Nggak mentang-mentang mereka sponsor dan saya blogger, kemudian relasi jadi duit duit dan duit. Tapi enggak semuanya sih begini, alasannya yaitu banyak yang nggak sanggup diajak bekerjasama baik jadi saya juga males berbaik-baik HAHAHA

Alhamdulillah kalo ada yang bilang rejeki dan kesempatanku di dunia blog itu bagus. Aku orang yang percaya bila kesempatan dan rejeki, banyak tiba alasannya yaitu silaturahmi. Karena jaringan, alasannya yaitu relasi baik. Gimana sanggup mampu kesempatan anggun bila nggak kenal siapa-siapa, siapa yang mau kasih?

Tiga, jadilah sales untuk konten sendiri. Konten bagusnya kayak apa bila nggak disebarluasin ya siapa yang mau liat? Aku sampe pernah ambil kelas digital marketing lho, buat kerjaan sih waktu itu, tapi kini jadinya kepake buat blog. Belajar soal meningkatkan secara optimal sosmed, SEO sederhana, ikutin terus tren terkini di dunia maya, dan jangan aib buat berguru sama yang lebih muda. Karena gimanapun, kadang mereka lebih melek hal-hal gres di ketika saya sibuk jemurin baju dan nenenin anak. haha

**

Wauw, gres tiga pertanyaan tapi udah panjang. Pantesan ya waktu program itu saya ngomong sampe berbusa, dasar pungky banyak ngemeng banget ahahahaha. Sebenernya masih ada beberapa pertanyaan anggun lagi yang pengin saya bahas tapi nanti kalian nggak ngos-ngosan bacanya. ehehe bilang aja males nulisnya 🙈🙈

Salah tiga pertanyaan anggun lagi. Dari mba Anna di Surabaya, "Pungky suka nulis yang kontroversial di blog Sujiwo.com, apa dan gimana filternya?". Satu lagi dari mba Cahaya di Batam, "Tentang job yang enggak sejalan sama blog dan prinsip, apa Pungky berani menolak?". Trus dari mba Ida di Bandung, "Saat Pungky review produk, gimana prosesnya dari barang diantar kurir JNE, hingga tayang di blog dan sosmed?" Dibahas di goresan pena lagi apa enggak usah nih? :D


Purwokerto, jam 1 siang belom mandi, Juli 2017

Atau barangkali ada pembaca yang mau nanya juga soal konten kreatif di balik blog-blog aku? Apapun boleh, bila pertanyaannya nggak susah-susah amat, insya Tuhan saya jawab di postingan selanjutnya. Kalau pertanyaannya susah dan saya gak tau ya mon maap, tau sendiri saya kan pinternya pencitraan doang bhahahahaha. Tulis di komen aja ya pertanyaannya! ;)


0 comments